SEJARAH

Sejarah Kota Prabumulih, Dikemas Dalam Cerita Santai Team Pance (Panjang Cerite)

PRABUMULIH.–OposisiNews.com.-Pembangunan rumah adat prabumulih, yang diinisiasi oleh pak Ahmad Azadin BE salah satu tokoh masyarakat kota prabumulih yang menceritrakan kisah lengkap kota prabumulih dengan versinya, tentang sejarah awal mula berdirinya kota prabumulih.

Hari ini chanel youtube Panjang Cerite (Pance) yang dipandu oleh seorang anak muda penuh talenta Yudi Maryandi, yang juga sebagai manager di citimall prabumulih, hari ini dengan santainya dia berbincang santai dengan Ahmad Azadin mantan anggota DPRD Kota Prabumulih, periode 1999 sampai dengan 2009.

Tema hari ini mengangkat tentang Adat pernikahan kota prabumulih, yang dijelaskan secara runut oleh beliau, dan dapat anda saksikan di channel youtube Pance yang akan segera tayang dalam waktu dekat ini.

Ahmad Azadin adalah putra daerah yang terlahir pada tanggal 13 Oktober 1961. Disamping itu beliau juga adalah termasuk tim 9 dalam menentukan kota ini menjadi kota administratif, dan kota otonom, saat ini beliua mempunyai kolam renang Risky Garden. Yang juga berada disamping rumahnya.

Sehabis ngobrol-ngobrol santai pak azadin juga mengajak kami berkeliling ke kolam renangnya yang terlihat ramai pengunjung, seperti kita ketahuia rumahnya berada di jalan mentawai kota prabumulih.

Dan tak ketinggalan pula kami diajak kekolam ikan gurami dan patin yang berada didekat tempat rumah adat didirikan. Rumah adat yang bertiang 16 iti didesain seperti tiang dari pohon kayu, terletaktak begitu jauh dari rumahnya, sambil bercerita tentang bagaimana asal mula didirikannya sebuah kampung oleh keempat puyang yakni Dayan, Resek Minggun dan Jamik. (Artikel tentang ini telah dibuat beberapa tahun yang lalu, dan masih bisa kita temukan pada beberapa media online)

Dalam kesempatan pertemuan hari ini Pak Azadin berpesan kepada para kawula muda kota ini

“Mungkin kami yang tua ini tak akan lama lagi ada di kota prabumulih ini, dan nantinya generasi muda lah yang akan melanjutkan tonggak sejarah kota prabumulih ini, jangan sampai hilang dan musnah ditelan waktu, dan jangan sampai kita tidak paham tentang sejarah dan adat istiadat kota kita ini,” ujar Azadin menutup obrolan yang akan dilanjutkan dengan talkshow di channel youtube PANCE

Sejarah kota ini harus kita catat dan kita sebarkan kepada anak muda kota ini, jangan sampai kita kehilangan ciri khas kota tercinta ini.

Meski sudah berusia 59 tahun namun beliau masih terlihat gagah dan sehat, masih dengan ciri khasnya yang optimis dan berwibawa.

Sebuah sejarah yang tidak diingat dan tidak diusahakan untuk dikenang, maka sejarah itu akan terputus dan musnah tanpa meninggalkan bekas. Dan menjadi sebuah misteri yang akan punah seiring jaman.(Hans/Raif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *